Macam-macam alat pemadam kebakaran

Macam-macam alat pemadam kebakaran

Jenis alat pemadam kebakaran

Untuk mengantisipasi kebakaran dalam sebuah gedung, ada tiga jenis alat pemadam kebakaran yaitu alat pemadam api ringan (APAR), instalasi pemadam kebakaran dan pemadaman oleh dinas pemadam kebakaran. Berikut ini Macam-macam alat pemadam kebakaran gedung :

  • Kain basah, sarana alternatif yang sangat bermanfaat untuk memadamkan api secara cepat dan mudah, kain basah bisa menjadi solusi untuk melakukan pemadaman awal.
  • APAR adalah alat pemadam api ringan, berupa tabung berisi gas yang dapat disemprotkan pada api kecil sebagai pertolongan pertama ketika bahaya kebakaran muncul,
  • Rambu – rambu pencegah kebakaran, contohnya rambu larangan merokok, area khusus merokok, jalur evakuasi kebakaran dll. fungsinya cukup besar dalam mencegah adanya bahaya kebakaran, misalnya
  • Hydrant Box, ber fungsinya hampir sama dengan tabung APAR namun volume airnya lebih besar, hydrant box biasa diletakan didalam maupun diluar gedung.
  • Smoke detector berfungsi sebagai alat yang secara otomatis menghidupkan alarm ketika mendeteksi adanya asap kebakaran,
  • Pipa sprinkler, adalah instalasi pipa pemadam kebakaran yang selalu berisi air penuh sebagai persiapan jika sewaktu-waktu diperlukan.
  • Dinas pemadam kebakaran,  ini adalah langkah terakhir untuk melawan si jago merah yang sedang mengepakan sayapnya.

dan berikut ini tips darurat mengatasi kebakaran :

  1. Kebakaran yang di Akibatkan  Listrik : Kebakaran akibat listrik bisa terjadi akibat hubungan arus pendek atau meledaknya sekring . Penyebab kebakaran ini paling sering terjadi di Indonesia, cara mengatasi nya yaitu segera cabut sekering listrik dan jatuhkan stop kontak setelah itu padamkan kebakaran tersebut dengan alat pemadam api. Jangan  memadamkan dengan air karena potensi Anda tersetrum sangat tinggi jadi disarankan gunakan alat pemadam api atau paling tidak karung goni dan segera lemparkan pada sumber api
  2. Kebakaran Kompor Minyak : Cara darurat mengatasinya segera mengambil karung atau kain dan basahkan, kemudian selubungkan pada kompor. Akan lebih baik lagi jika Anda menyediakan alat pemadam api dirumah karena kebakaran jenis ini akan sangat mudah di tangani.
  3. Kebakaran ditempat Penggorengan/ Wajan : Cara memadamkan api secara darurat pada peristiwa ini adalah ambil tutup panci atau baskom, lalu tutupkan ke wajan yang terbakar tersebut. ika belum pada ambil goni/kain basah lalu selubungkan ke wajan tersebut.
  4. Bila Anak Terbakar Akibat Main Api :Langkah daurat yang harus dilakukan  segeralah ambil selimut atau handuk lalu selimutkan/selubungkan kepada anak tersebut, segera lakukan pengobatan dasar dan telpon rumah sakit terdekat.
  5. Kasur Terbakar : Cara darurat melakukan pemadam api pada kejadian ini adalah segera siram dengan air dan segera bawa kasur tersebut ke luar rumah
  6. Sepeda Motor Terbakar : Langkah darurat yang harus dilakukan ambil karung goni dan basahkan dengan air lalu selubungkan pada sepeda motor yang terbakar tersebut.

Leave a Reply